JAKARTA, (2 Agustus): Perkembangan teknologi dimanfaatkan secara maksimal oleh Diah Cempaka Sari, kader NasDem Jakarta Timur. Lewat akun twitternya Cempaka ikut menolong dua warga yang sedang terlantar.

Cempaka yang wajahnya kerap muncul di layar televisi nasional ini ternyata memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia tidak tinggal diam ketika melihat ada dua orang warga yang sedang terlantar di pinggir Jalan Sentra Primer Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Finalis Puteri Indonesia 2008 itu mengatakan awalnya ia mengetahui perihal warga terlantar dari Ketua RW06 Pulo Gebang yang sudah menghubungi pihak kelurahan tapi belum juga mendapat tindak lanjut.

Mengetahui hal tersebut Cempaka yang juga bakal calon anggota legislastif (bacaleg) Partai NasDem itu sudah lama mengikuti akun Dinas Sosial DKI Jakarta. Melalui akun pribadinya Cempaka mengambil inisiatif melaporkan soal warga terlantar tersebutnya ke Dinas Sosial. Cempaka bersyukur laporannya itu mendapat perhatian dan segera ditindaklanjuti.

“Alhamdulillah laporanku langsung mendapat tanggapan dan tindak lanjut,” terangnya kepada partainasdem.id hari Kamis (2/8).

Cempaka melanjutkan, tidak lama berselang, Satuan Tugas P3S dari Dinas Sosial DKI Jakarta datang untuk menyelamatkan kedua warga yang tidak memiliki tempat tinggal itu untuk diberikan pembinaan.

“Kemudian Satgas menghubungi pihak RW untuk berkoordinasi bahwa laporan telah ditindaklanjuti,” tukasnya.

Calon anggota legislatif Partai NasDem untuk DPRD DKI Jakarta dari daerah pemilihan Jakarta Timur itu juga mengapresiasi baiknya kinerja satuan tugas yang bisa merespons cepat pengaduan langsung dari masyarakat. Ia memposting jawaban dan laporan tindak lanjut dari akun twitter Dinas Sosial DKI Jakarta di akun media sosial pribadinya.

“Aku post agar bisa jadi contoh untuk masyarakat bila mengalami hal serupa melihat orang terlantar bisa berkoordinasi dengan RT/RW se tempat dan sesimple membuat pengaduan via account sosmed bisa langsung mendapat tanggapan dan tindak lanjut,” katanya.

Tindakan Cempaka bisa menjadi satu contoh bagaimana merespons kemajuan teknologi dengan bijak dan bermanfaat. Ia mengatakan dalam berbuat kebaikan kita bisa melakukannya di mana saja termasuk di media sosial. Menurut Cempaka tinggal bagaimana niat dan kita meluangkan waktu.

“Media sosial sekarang ini sering disalahgunakan untuk menyebar kebencian atau hanya “kepo” dengan kehidupan orang sehingga kita lupa ada account-account berguna yang bisa kita gunakan untuk menolong sesama,” pungkasnya.(*)

  Kembali ke halaman berita utama