HARI RELAWAN INTERNASIONAL

Setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan Internasional (International Volunteer Day).

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sukarelawan berarti orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan).

Menjadi relawan ternyata memberikan banyak manfaat, seperti yang dilansir dari www.lifehack.org,

Pertama, Memberikan banyak pengalaman baru

Menjadi seorang relawan, membuat kita berkesempatan mengetahui adat, budaya dan berbagai macam orang dari berbagai belahan dunia. Dengan demikian, wawasan kita tentang dunia akan semakin luas karena memiliki referensi yang beragam.

Kedua, Memiliki banyak koneksi baru.

Dengan menjadi seorang relawan, memiliki kesempatan bertemu dengan orang baru pun juga semakin besar. Seorang relawan bisa berinteraksi dengan beragam manusia dengan latar belakang yang berbeda-beda. Entah itu orang yang mereka bantu ataupun sesama relawan.

Ketiga, Meningkatkan kepekaan sosial

Hidup di era individualistik seperti saat ini, sulit menemukan orang dengan kepekaan sosial yang tinggi. Dengan menjadi relawan, kita akan lebih cepat tanggap untuk mengetahui permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan membuatnya menjadi lebih baik. Ingatlah, orang-orang saat ini membutuhkan sosok yang seperti Anda.

Keempat, Memahami realitas dengan lebih baik

Terdapat perbedaan mencolok antara pengetahuan orang yang hanya duduk diam di rumah, dengan yang terjun langsung ke lapangan meski dalam topik yang sama. Mereka yang terjun langsung tidak mengenal namanya teori. Mereka lebih mengandalkan fakta-fakta konkret yang terjadi di masyarakat untuk bertahan hidup. Hal ini secara tidak disadari akan membentuk pola pikir yang lebih baik, terutama dalam mengambil keputusan di kemudian hari.

Kelima, Membantu Anda menjadi manusia

Menjadi relawan tidak sekedar membuat kita menjadi lebih baik, tetapi bahkan menjadi manusia seutuhnya. Menjadi manusia seutuhnya berarti mengetahui memiliki rasa empati terhadap orang lain, peduli, berprestasi dan juga senang membantu.

Manfaat lain yang didapat jika kita menjadi relawan yaitu kesempatan untuk mengembangkan diri. Di saat menjadi relawan, berarti siap untuk belajar hal-hal baru. Yang paling mendasar: menjadi relawan mengembangkan kemampuan komunikasi.

Tak kalah penting, menjadi relawan membuktikan membawa kebahagiaan dalam diri. Manusia yang dengan senang hati menjadi relawan merasakan bahwa sekecil apapun tindakan kebaikan yang dilakukan, membawa dampak yang besar terhadap diri dan lingkungannya.

Selamat Hari Relawan Internasional 2018,

Ambil peran, wujudkan niat baik menjadi kebaikan nyata!

Mari bergabung menjadi Cempakawan, relawan Diah Cempaka Sari, bersama-sama bekerja sepenuh hati wujudkan Jakarta Timur yang lebih baik.

  Kembali ke halaman berita utama