Awal tahun memberikan kita energi baru untuk berbuat lebih baik dari tahun sebelumnya. Jika di tahun lalu impian atau cita-cita belum terwujud padahal kita merasa telah berusaha maksimal namun hasil belum sesuai dengan yang diharapkan, janganlah berkecil hati.

Ungkapan, “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda” jika disederhanakan, bisa juga berarti, karya gagal pun bisa jadi sesuatu yang diapresiasi.

Ada banyak tokoh dunia yang akan menjadi inspirasi kita untuk tetap berjuang meraih impian, karena kita tidak pernah tahu kapan usaha kita akan membuahkan hasil. Berikut sejumlah kisah inspiratif dari beberapa tokoh dunia yang telah berhasil meraih impian mereka setelah melalui ujian kegagalan.

  1. Stephen King
    Novel pertamanya yang sangat ikonis; Carrie, 30 kali ditolak oleh penerbit. Ia bahkan pernah membuangnya dan berpikir ini tidak akan bisa diterbitkan. Beruntung, sang istri mengambil novel tersebut dari tempat sampah dan menyemangati Stephen King untuk mencoba lagi.
  2. Claude Monet
    Sebagai pelopor French Impressionism, karya-karya lukisan Monet menuai berbagai kritik keras di awal karirnya. Banyak yang berpendapat bahwa karya-karyanya seperti tak berkonsep, unfinished, dan jelek. Ia dan keluarganya bahkan sempat sangat miskin. Namun, di tahun 1880, lukisannya mulai terjual, dan kini… jangan tanya berapa harga lukisannya!
  3. Walt Disney
    Ketika Disney berencana menayangkan Snow White, para pelaku industri film sangat yakin bahwa film ini tidak akan sukses di pasaran, bahkan sampai menyebut proyek film ini sebagai “Disney’s Folly”. Hampir benar karena pendanaan untuk produksi film ini sangatlah sulit. Ajaibnya, Snow White ternyata mendulang sukses dan berhasil meraup 8 juta dolar pada penayangan pertama.
  4. Vincent Van Gogh
    Jika ada batas antara kejeniusan dan kegilaan, Van Gogh berdiri diantaranya. Lukisan The Starry Nights, A Wheatfild with Cypresses, dan karya-karyanya yang lain pasti sudah sangat akrab diantara para pecinta Van Gogh, namun siapa sangka jika semasa hidupnya, ia hanya menjual satu buah lukisan! Yup, satu lukisan yang ia jual ke temannya, dengan harga cukup murah. Padahal ia telah menghasilkan lebih dari 800 karya yang sangat populer. Justru setelah ia wafat, lukisan-lukisannya ini terjual dengan harga lebih dari 150 juta dolar, per lukisan!
  5. J.K. Rowling
    Tak terhitung berapa banyak Potterhead atau penggemar fanatic Harry Potter di berbagai belahan dunia saat ini. Ternyata, perjalanan awal buku Harry Potter and The Sorcerer’s Stone ini tak semulus itu. Di awal perjalanan, buku ini sempat mengalami penolakan dari 12 penerbit!

Para figur inspiratif ini bisa kita jadikan motivasi setiap kali sedang merasa gagal, dan bangkit kembali dengan karya-karya yang lebih keren.

Jadi, sudah siap menerima kegagalan sebagai bagian dari perjalanan penuh hikmah yang akan memberikan kita ruang untuk mengevaluasi dan memacu kita untuk terus berkarya tanpa mengenal kata henti ?

Selamat tahun baru 2019, jadikan tahun ini lebih produktif untuk melahirkan karya baru yang bermanfaat.

Salam,
Diah Cempaka Sari S.Si
Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil IV (Cakung, Pulo Gadung, Matraman) Partai Nasdem No. Urut 3

(source : Getcraft Indonesia)

  Kembali ke halaman berita utama